Rabu, 10 Desember 2008

RESEP OBAT-OBAT TRADISIONAL


Arsip untuk 'Obat Tradisional'Kelompok

Bawang Merah dan Makanan Sarat Serat Untuk Turunkan Kadar Gula Darah

9 Oktober, 2007

DIABETES mellitus (DM) yang sering disebut orang awam “kencing manis”, merupakan sejumlah gangguan yang memiliki ciri-ciri khas utama tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes berarti “mengalir terus” karena penderitanya selalu minum dan dalam jumlah banyak, kemudian mengalir terus berupa urin alias kencing. Sementara mellitus berarti “manis”, sebab urin penderitanya mengandung glukosa alias gula darah yang berasa manis.

PADA dasarnya, DM disebabkan oleh hormon insulin penderita yang tak mencukupi atau tidak efektif sehingga tak dapat bekerja normal. Padahal, pada orang normal, insulin mempunyai peran utama mengatur kadar gula dalam darah; sekitar 60-120 mg/dl dalam keadaan puasa, dan di bawah 140 mg/dl pada dua jam sesudah makan.
Baca entri selengkapnya »

KHASIAT JINTEN

28 September, 2007

Jintan putih (cuminum cyminum) dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan untuk memasak.

Di samping itu, biji jintan putih juga digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional.

Biji jintan putih memiliki aroma yang harum dan menarik, menyegarkan.

Jintan putih dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sejuk,

seperti misalnya di daerah India utara dekat kaki pegunungan Himalaya.

Di Indonesia meskipun dapat tumbuh, tetapi pada umumnya kurang baik.

Jintan putih mempunyai batang kayu dan daunnya bersusun melingkar dan bertumpuk.

Daun jintan putih mempunyai pelepah daun seperti ranting-ranting kecil.

Bentuk daun jintan putih tidak berwujud lembaran, tetapi lebih mirip benang-benang kaku dan pendek.

Warna dominan tumbuhan ini hijau dan bunganya berukuran kecil berwarna kuning tua

ditopang oleh tangkai yang agak panjang.

Baca entri selengkapnya »

Obat alternatif untuk penderita KENCING MANIS

28 September, 2007

KENCING MANIS (diabetes mellitus), timbul karena tubuh tidak bisa menghasilkan

hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi

glikogen yang bisa disimpan dalam otot atau jaringan hati.

Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap gula ini

kembali sehingga gula darah lolos melalui saringan dan keluar bersama air seni.

Gejala yang umum diderita oleh penderita kencing manis di antaranya cepat lelah,

selalu merasa haus dan lapar, serta jika mengalami luka akan susah sekali sembuhnya.

Di bawah ini diuraikan beberapa resep ramuan tradisional yang dapat digunakan sebagai

alternatif untuk mengobati kencing manis.

Baca entri selengkapnya »

Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

9 Mei, 2007

Banyak orang saat tidur mendengkur. Kebiasaan ini kerap kali membuat orang lain yang ada di sekitarnya terganggu.

Jika anda mempunyai kebiasaan ini tak perlu cemas, atasi dengan resep sederhana berikut ini : ambil 2 ruas kunyit, cuci bersih, memarkan hingga pipih, masukkan kedalam gelas, beri sedikit air hangat masukkan 2 sendok madu, aduk hingga rata, minumlah. Lakukan hal ini selama seminggu berturut turut, jika anda melakukan dengan tekun, niscaya kebiasaan mengorok akan hilang.

Memecahkan Batu Ginjal

9 Mei, 2007

Bagi anda yang menderita penyakit batu ginjal memang sangat menyiksa, tapi sekarang anda tak perlu khawatir karena berikut ada resep sederhana yang dapat membantu kesulitan anda.

Ambil 2 buah lobak besar yang masih segar, parut dan peraslah airnya hingga menjadi satu gelas, minumlah air lobak tersebut pagi dan sore. Niscaya serpihan batu ginjal akan keluar sendiri bersama air seni. Lakukanlah secara teratur.

Menghilangkan Noda Nikotin di Gigi

9 Mei, 2007

Gigi para perokok berat yang berwarna kecoklatan sungguh tidak sedap dipandang. Ada cara sederhana untuk membuat gigi anda putih berseri kembali.

Caranya : ambil beberapa lembar daun kelapa kering yang telah dibuang lidinya. Bakarlah daun tadi sampai menjadi abu. Gosoklah gigi anda dengan menggunakan abu dari daun kelapa tersebut. Nisacaya gigi anda akan putih berseri. :)

Menyembuhkan Sakit Pinggang

9 Mei, 2007

Sakit pinggang memang sangat menyiksa diri penderitanya, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan cara sebagai berikut.

Ambillah 10 lembar daun alpukat yang tidak terlalu tua dan rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air. Didihkan hingga air tinggal ½ gelas, lalu didinginkan. Minumlah air tadi dan lakukan hal seperti di atas secara teratur, niscaya sakit pinggang anda akan sembuh sama sekali.

Menghilangkan bulu di kaki

9 Mei, 2007

Usahakanlah kaki perempuan agar tetap mulus dan terawat bersih, namun jika ternyata anda mempunyai bulu kaki maka resep dibawah ini akan menghilangkan selamanya bulu kaki anda, namun anda harus teratur memakainya.

Berikut caranya: Tumbuk sedikit merica, kapur barus dan beberapa tetes minyak tanah, kemudian campur hingga rata ramuan tersebut. Kumudian usapkan ramuan tadi di kaki yang ditumbuhi bulu, dengan sendirinya bulu-bulu tersebut akan rontok sendiri.

Agar Vagina Harum

9 Mei, 2007

Banyak hal yang menyebabkan perempuan vagina yang berbau kurang enak. Misalnya karena memelihara vagina kurang baik, maka akan menyebabkan bau vagina menyengat. Bagi perempuan yang vaginanya berbau menyengat, berikut ini ada cara mudah mengatasinya.

Caranya :

Ambil sepuluh helai daun sirih yang besar dan sudah agak menguning, lalu rebuslah dengan dua gelas air. Tunggu hingga air menyusut hingga segelas. Kemudian angkatlah air yang sudah mendidih tersebut. Diamkan agar air menjadi hangat suam-suam kuku. Saring dan minum hangat. Lakukanlah hal ini secara teratur maka niscaya vagina anda akan harum tak lagi berbau menyengat.

Mencegah rambut Rontok

9 Mei, 2007

Rambut adalah mahkota, untuk itu anda diharapkan dapat menjaga rambut anda dengan maksimal, agar mahkota anda akan selalu mempesona. Carnyapun tak sulit dan mudah didapat, berikut adalah resep mencegah mahkota anda rontok.

Jika anda makan semangka, jangan buang kulitnya dan lapisan putih disemangka, kemudian parutlah hingga menjadi bubur dan gosokkan dikepala selama 15 menit, setelah itu baru dikeramas. Lakukan secara teratur, maka kerontokan rambut akan terhindar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar